Cara Merubah Status Rumah Dari HGB ke SHM

Cara dan Syarat Cara Mengurus SHM – Mempunyai Rumah Dambaan Memanglah mengasyikkan. NAmun Apa yang terjadi bila rumah Kita nyatanya Belum betul-betul aman dari ssgi perizinannya. beberapa orang/orang-orang yg mengeluhkan cara utk merancang sertifikat Hak-Guna Bangunan (HGB) merubahnya jadi Sertifikat Hak Punya atau (SHM). Tak tahu itu mengeluh permasalahan cost yg mesti di keluarkan, Maupun bingung dng system administrasinya yg berliku-liku.

syarat cara mengurus shm

Sesungguhnya gampang saja, Anda dapat mengubah status rumah atau property yg Anda punyai dng lakukan pengurusan di kantor pertanahan di lokasi tanah HGB di mana dekat dng Rumah/bertempat Anda.

Utk di ketahui, mengenai sebagian ketetapan pada merubah status tanah diantaranya yaitu sertifikat HGB mesti dipunyai oleh warga negara Indonesia (WNI) dng luas kurang dari 600 mtr. persegi, masihlah kuasai tanah & mempunyai hgb yg masihlah berlaku atau telah habis saat.

Mengenai prasyarat yg butuh dipenuhi pada merubah status rumah, tersebut kriteria yg butuh Anda mengerti, seperti disitat laman organisasi, Senin (9/1/2012) :

1. Sertifikat asli HGB yg akan dirubah status.
Sbg langkah awal, mempersiapkan sertifikat asli HGB yg akan dirubah yaitu mutlak. Tanpa ada sertifikat ini, usaha utk merubah status akan percuma. Oleh karenanya butuh disediakan lebih awal, ingat utk menduplikasi sertifikat HGB beberapa rangkap untuk berjaga-jaga saat nantinya dibutuhkan.

2. Photo copy Izin Membangun Bangunan (IMB)
Sertifikat ini butuh Anda sediakan, fungsinya sbg bukti legalitas yg memperbolehkan tanah dipakai utk mendirikan bangunan.

3. Bukti jati diri
Foto copy beberapa lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) sbg info jati diri mengajukan Anda.

4. Foto copy SPPT PBB (pajak bumi & bangunan) terakhir
Lampiran ini dibutuhkan untu lihat jejak rekam pajak, seperti luas bangunan serta tanah yg terkena pajak.

5. Surat permintaan pada Kepala Kantor Pertanahan setempat
Surat ini terlebih dulu telah diolah sebelumnya Anda ajukan pengubahan status sertifikat HGB jadi SHM. Saat surat ini telah ada, selekasnya perbanyaklah beberapa rangkap bila perlu. & lampirkan yg asli berbarengan dng lampiran lembar yg lain.

6. Surat penyataan tak mempunyai tanah kian lebih lima bagian & luas kurang dari 5000 mtr. persegi.
Surat ini tunjukkan pemilikan Anda pada luas tanah pd rumah Anda, yg nanti akan punya pengaruh pd pajak yg akan dibayarkan.

7. Membayar biaya perkara
Biaya ini bergantung dari berapakah luas tanah yg Anda punyai, & seperti apa keadaan bangunan. Yakinkan utk mempersiapkan dana perkara sebelumnya ajukan pengubahan sertifikat.

8. Anda dapat memakai menggunakan layanan notaris PPAT (petinggi pembuat akta tanah) utk pengurusan HGB ke SHM utk lebih terang & efisien. Resikonya yaitu, Anda butuh membayar ekstra utk layanan notaris.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara dan syarat apa saja ynag diperlukan untuk mengubah status dari Hak Guba Bangunan (HGB) ke Sertifikat Hak Milik (SHM). Semoga dapat menambah wacana anda dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya kali ini pada desainrumah36.com